DAY-2

 


MATERI PERTAMA

Oleh:Prof. Dr. Haryono Umar, SE., Ak., M.Sc



ANTI KORUPSI


Istilah korupsi tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Dibaca di media cetak, ditonton di televisi atau didengar di radio, istilah korupsi seakan tak lepas dari kehidupan kita - tentu bukan hal yang patut dibanggakan. Tapi apakah kita betul-betul paham pengertian korupsi dan pengertian antikorupsi. Karena bukan cuma menilap uang negara, ada hal-hal lain yang masuk dalam kategori korupsi.Kata korupsi berasal dari bahasa latin corruptio atau corruptus. Corruptio memiliki arti beragam yakni tindakan merusak atau menghancurkan. Corruptio juga diartikan kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah.


Kata corruptio masuk dalam bahasa Inggris menjadi kata corruption atau dalam bahasa Belanda menjadi corruptie. Kata corruptie dalam bahasa Belanda masuk ke dalam perbendaharaan Indonesia menjadi korupsi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.




MATERI KEDUA

Oleh:Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes


KEPEDULIAN LINGKUNGAN UNTUK KESEHATAN PERWUJUDAN EMAS INDONESIA


kondisi lingkungan hidup indonesia di tengah perubahan iklim.suhu buku mengalami peningkatan sebesar 1.1 derajat celcius


Firman-nya,surah ar-ruum ayat 41:




Terjemah:Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). 42. Katakanlah (Muhammad), "Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu.

Faktor yg mempengaruhi drajat kesehatan:

1) gaya hidup (life style); 2) lingkungan (sosial, ekonomi, politik, budaya); 3) pelayanan kesehatan; dan 4) faktor gen…

MATERI KETIGA

Oleh:Mursyidul Ibad,S.KM.,


Portofolio untuk membuka potensi diri generasi rahmatan lilalamin


pengertian portofolio adalah kumpulan dokumen seseorang, lembaga, kelompok, perusahaan, organisasi, dan sejenisnya yang memiliki tujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

cara membuat portofolio kerja, kamu bisa ikuti di bawah ini!

Buatlah Daftar Isi. ...

2. Tulis Data Diri. ...

3. Cantumkan Skill yang Kamu Miliki. ...

4.Pilih dan Cantumkan Hasil Kerja Terbaik. ...

5.Lampirkan Pencapaian atau Review. ...

6. Buat Portofolio Lebih Sederhana. ...

7. Berikan Penjelasan Setiap Karyamu.


 MATERI KEEMPAT

Oleh:Dr.KH.Reza Ahmad Zahid,LC.,M.A


MAHASISWA UNUSA DALAM GENERASI ASWAJA AN-NAHDHIYAH


Ahlussunnah berarti orang-orang yang mengikuti sunnah (perkataan, pemikiran atau amal perbuatan Nabi Muhammad SAW). Sedangkan al Jama'ah adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan.

Adapun Ahlussunnah wal Jama'ah adalah kelompok ahli tafsir, ahli hadis, dan ahli fikih. Merekalah yang mengikuti dan berpegang teguh dengan sunnah Nabi dan sunnah khulafaurrasyidin setelahnya. Mereka adalah kelompok yang selamat.

Visi Nahdlatul Ulama yaitu maju dalam presentasi santun dalam pekerti, terwujudnya generasi muslim Ahlussunnah Wal Jama'ah, cerdas, berkarakter, mandiri, dan berakhlaqul karimah.

Misi Nahdlatul Ulama yaitu: - Membentuk pribadi muslim Ahlussunnah Wal Jama'ah yang beriman dan bertaqwa. - Membentuk generasi yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. - Membentuk pribadi berkarakter dan berakhlaqul karimah.Selanjutnya secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalam berakidah mengikuti salah satu dari dua imam: Al-Asy’ari dan Al-Maturidi (Bukhara’); dalam ubudiyah mengikuti salah satu imam empat (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali), dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dari dua imam Al-Junaidi atau Al-Ghazali.

prinsip NU wasathiyah/tawasuth (moderat), tasamuh (toleran), dan tawazun (keseimbangan) serta tetap setia kepada NKRI.



MATERI KELIMA

Oleh:Ema Umiyyatul Chusnah,ST,M,MPD


PENEGAKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MENUJU INDONEDIA EMAS


4 Pilar Visi Indonesia 2045 yaitu:

•Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

•Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan.

•Pemerataan Pembangunan.

•Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Emas tersebut?


Untuk memanfaatkan bonus demografi dan mewujudkan Indonesia emas 2045, menurut menteri keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa ada empat syarat agar terwujudnya Indonesia emas tahun 2045 yaitu kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, kualitas kelembagaan dan kebijakan pemerintah.

Pancasila bisa dikatakan sebagai paradigma karena…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAY-1 6

DAY-1 2

LPPM Unusa Gelar Webinar Mengenai Basic Need in Writing Scientific Paper